Suka Begadang? Perhatikan Efek Begadang Bagi Kesehatan dan Stamina Ini

Suka Begadang? Perhatikan Efek Begadang Bagi Kesehatan dan Stamina Ini

Begadang merupakan suatu hal yang umum dilakukan oleh  sebagian besar orang. Namun, kurang tidur akan menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta tidur yang cukup. Dengan demikian kesehatan Anda bisa lebih baik.

efek begadang bagi kesehatan dan stamina

Namun, untuk Anda yang terlalu sering begadang dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang sulit diubah. Agar lebih mudah mengubahnya, Anda harus mengetahui apa saja efek begadang bagi kesehatan dan stamina tubuh seperti di bawah ini.

1. Muka Pucat dan Lingkar Hitam di Bawah Mata
Ciri fisik yang sangat terlihat jelas dari seseorang yang sering begadang yaitu memiliki lingkar hitam di bawah mata dan juga muka terlihat lebih pucat. Selain itu, terlihat pula mata yang memerah dan berkantong tebal. Bukan hanya itu saja, begadang juga bisa memperjelas kerutan di bagian mata sehingga Anda akan terlihat lebih tua.
Menurut penelitian dari Universitas Pennsylvania, Philadelphia mengutarakan bahwa tidur kurang dari 6 jam per hari akan mengakibatkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol. Hal ini akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit.
2. Pusing dan Sulit Berkonsentrasi
Kurang tidur juga bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi dan fokus. Ketika Anda bangun dari tidur yang kurang dari 6 jam, maka saat terbangun Anda akan cenderung merasakan lesu, pusing dan tidak bergairah untuk melakukan kegiatan.
Kurang tidur juga akan membuat Anda kurang berkonsentrasi dan akibatnya bisa menjadi pelupa.
3. Daya Tahan Tubuh Menurun
Efek samping dari terlalu banyak begadang yaitu bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh atau biasa dikenal dengan sistem imun ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.
Apabila sistem imun berkurang, maka tubuh akan cenderung lebih mudah terkena penyakit seperti flu dan lain-lain.
Selain penyakit ringan tersebut, apabila begadang terus dilakukan dalam waktu panjang dan menjadi kebiasaan. Risiko yang harus Anda terima adalah terserang beberapa penyakit berat seperti gangguan hati, ginjal, paru-paru, obesitas dan bahkan stroke.

Dengan mengetahui berbagai efek begadang bagi kesehatan dan stamina tubuh seperti di atas, kini Anda lebih memahami apa makna kesehatan yang sebenarnya, sehingga lama-kelamaan kebiasaan tersebut bisa diubah meski secara perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar