6 Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

ENERGI BOOSTER - Jintan hitam dikenal juga jinten hitam adalah obat alami yang sangat populer dikalangan masyarakat. Tanaman obat alami satu ini dipercaya memiliki daya penyembuhan bagi berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat jintan hitam?
Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan
6 Manfaat Jintan Hitam


Sekilas tentang Jintan Hitam


Habbatussauda merupakan nama lain dari jintan hitam. Biji jintan hitam diambil dari tanaman dengan nama latin Nigella sativa. Dunia penyembuhan alternatif sudah tidak asing lagi dengan biji jintan hitam. Karena biji jintan hitam ini dikenal ajaib menyembuhkan banyak penyakit.

Kandungan pada jintan hitam sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti tembaga, fospor, zink, mineral, dan vitami terdapat dalam jintan hitam. Ada juga kandungan karoten kemudian dikonversi menjadi vitamin A sangat baik bagi tubuh.

Barikut ini 6 manfaat jintan hitam dikutip dari dokter sehat.

Manfaat Jintan Hitam


Sejak jaman dulu jintan hitam sering digunakan sebagai media pengobatan. Telah banyak juga penelitian tentang manfaat jintan hitam ini. Langsung saja kita bahas manfaat jintan hitam.

1. Mencegah kanker
Sebagai herbal yang mengandung antioksidan tinggi, tentunya tidak heran jika jintan hitam juga dipercaya mampu untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian in vitro dan in vivo menunjukkan adanya efek penggunaan jintan hitam terhadap sel tumor dan kanker.

Beberapa jenis kanker yang telah diteliti adalah seperti kanker darah, kanker payudaram kanker pankres,paru-paru, sekviks, prostat, kulit, dan usus besar. Namun penelitian ini masih sebatas penelitian pada hewan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia.

2. Sebagai antiperadangan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif dalam jintan hitam memiliki aktivitas antiperadangan. Dilansir dari Health Line, terdapat satu penelitian yang dilakukan pada 42 orang dengan  rheumatoid arthritis atau rematik. Penelitian menunjukkan adanya penurunan peradangan setelah penggunaan 1.000 mg minyak jintan hitam selama delapan minggu.

3. Menjaga fungsi hati
Manfaat jinten hitam selanjutnya adalah menjaga fungsi hati. Organ yang satu ini sangatlah penting bagi tubuh karena kerusakan hati dapat menyebabkan komplikasi dan kerusakan pada organ lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat mengurangi toksisitas bahan kimia pada hati yang telah disuntikkan bahan beracun.

Kemampuan untuk melindungi funsgi hati kemungkinan berkaitan dengan kandungan antioksidan yang ada dalam jintan hitam dan kemampuan antiinflamasinya. Namun sem seperti manfaat sebelumnya, manfaat ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

4. Agen antibakteri
Manfaat jintan hitam yang pertama adalah dapat melawan beberapa jenis bakteri patogen manusia. Beberapa jenis bakteri yang terlihat bereaksi terhadap jintan hitam adalah seperti Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, bisul, pneumonia, arthritis, hingga meningitis. Bakteri lainnya yang dapat dilawan adalah seperti H. pylori.

Baca juga:
Apa Saja Manfaat Stamina Booster Ada Disini
Lakukan Olahraga Ini Agar Tubuh Tetap Bugar

Heliobacter pylori merupakan bakteri yang umumnya ditemukan di lambung. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan termasuk radang lambung dan tukak lambung. Kondisi yang lebih buruk, bakteri ini juga dapat menyebabkan kanker lambung.

5. Menurunkan kolesterol
Jintan hitam juga dipercaya sebagai herbal yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam darah. Dilansir dari Health Line, terdapat satu review dari 17 penelitian yang menyimpulkan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah.

Manfaat jintan hitam menurunkan kolesterol LDL lebih tinggi didapatkan dari minyak jintan hitam dibandingkan dengan bubuk biji jintan hitam. Meskipun begitu, bubuk biji jintan hitam memiliki keunggulan lain, yaitu dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

6. Antioksidan
Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel. Antioksidan dapat ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, paling banyak adalah pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Terdapat beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam. Hal ini lah yang membuat jintan hitam dipercaya mampu untuk menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam adalah seperti alkaloid, saponin, karvakrol, dan timokuinon.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Jintan Hitam bagi penyembuhan aneka penyakit. Adapun Refsoul Stamina Booster merupakan multivitamin yang diformulasi khusus dari bahan alami pilihan. Terdapat pula kebaikan jintanhitam didalamnya. Info lebih lengkap mengenai manfaat Refsoul silakan hubungi kami lewat kaman kontak atau klik tombol whatsapp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar