Dapatkah Vitamin D Menunjang Rutinitas Olahraga? Temukan Jawabannya Disini

Dapatkah Vitamin D Menunjang Rutinitas Olahraga? Temukan Jawabannya Disini


Olahraga merupakan suatu kegiatan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga tahan terhadap gangguan penyakit dan bakteri. Terdapat beberapa makanan yang bisa membantu untuk menunjang rutinitas olahraga. Jadi Dapatkah Vitamin D Menunjang Rutinitas Olahraga? Jawabannya adalah bisa.

Dapatkah Vitamin D Menunjang Rutinitas Olahraga? Temukan Jawabannya Disini

Hal ini disebabkan karena vitamin D adalah salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Seseorang yang memiliki vitamin D yang tinggi, maka olahraga yang dilakukan juga akan lebih baik daripada orang yang hanya memiliki asupan vitamin D sedikit. Pernyataan tersebut sudah dibuktikan oleh para peneliti dari European Journal of Preventive Cardiology. 

Menurut hasil studi tersebut para ilmuwan menyatakan bahwa semakin baik performa olahraga seseorang, maka akan semakin baik baik pula sistem kekebalan tubuhnya dan juga orang tersebut akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Studi ini melihat hubungan antara kadar vitamin D dengan kesehatan tubuh keseluruhan.

Hasil pemeriksaannya biasa disebut dengan VO2 Max. Apabila angka VO2 Max ini semakin tinggi maka performa olahraga seseorang juga akan lebih baik. Sebanyak 2000 responden telah dilibatkan dalam penelitian tersebut. Diantaranya adalah mereka yang berusia 20 hingga 49 tahun.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2001-2004. Seluruh responden dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai kadar vitamin D yang dimiliki. Mereka yang masuk ke dalam kelompok dengan vitamin D lebih banyak 4,3 kali dinyatakan mempunyai performa yang lebih baik saat berolahraga daripada yang vitamin D nya lebih rendah.

Meski meski terdapat beberapa faktor lain seperti indeks, ras, jenis kelamin dan lain-lain yang bisa mempengaruhi performa. Namun, apabila dilihat secara keseluruhan yang memiliki vitamin D lebih banyak tetap saja tubuhnya selalu prima.

Nah, seperti itulah penjelasan yang bisa Anda pahami mengenai vitamin D yang bisa menjaga rutinitas olahraga. Dengan mengetahui lebih banyak mengenai apa saja penyebab meningkatnya performa olahraga tersebut, kini Anda bisa meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Agar bisa mempunyai performa olahraga yang lebih baik dari sebelumnya.

Jika rutinitas olahraga bisa dilakukan secara teratur, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Mulai dari tubuh menjadi lebih lentur, kekebalan tubuh lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit dan lain-lain. Jadi, lakukanlah olahraga secara rutin mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar