Mudah Lelah? Tips Tingkatkan Stamina agar Aktivitas Lancar Ini Solusinya

Mudah Lelah? Tips Tingkatkan Stamina agar Aktivitas Lancar Ini Solusinya

Aktivitas yang Anda lakukan memerlukan energi, saat stamina menurun semangat menjalani aktivitas pun luntur. Setiap kegiatan yang anda lakukan akan terasa lebih melelahkan dibanding biasanya.

Mudah Lelah? Tips Tingkatkan Stamina agar Aktivitas Lancar Ini Solusinya

Sebaliknya, seseorang dengan stamina yang tinggi akan lebih tahan terhadap stres, cedera dan rasa lelah. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan stamina untungnya, ada sederet tips tingkatkan stamina agar aktivitas lancar dan badan tetap bugar.

1. Berolahraga
Berolahragalah secara rutin karena akan memberikan efek jangka panjang yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan menambah stamina. Olahraga rutin akan meningkatkan level energi, kualitas tidur dan fungsi otak. Olahraga yang dapat Anda lakukan seperti bersepeda, lompat tali, ataupun angkat beban setiap harinya.

2. Melakukan Meditasi dan Yoga
Tips tingkatkan stamina agar aktivitas lancar berikutnya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan pastinya meningkatkan stamina, yaitu Yoga ataupun Meditasi. Aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi stres dan lelah.
Gerakan yoga yang akan bermanfaat meningkatkan stamina antara lain adalah pose perahu, pose upward-facing dog, pose dewi.

3. Mengonsumsi Kafein
Jika kebanyakan orang berpendapat bahwa mengonsumsi kafein tidak sehat maka pada tips tingkatkan stamina agar aktivitas lancar ini justru dianjurkan hanya saja dibatasi asupannya. Batas aman asupan kafein adalah 400 miligram per hari atau sekitar 4 cangkir kopi.

Kafein memang terbukti dapat meningkatkan stamina, mempengaruhi performa fisik, meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormon, aktivitas otot, suhu tubuh hingga pembakaran lemak. Namun tetap perlu diingat ya, mengonsumsi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, apabila kekurangan pun juga tidak baik.

Stamina yang baik akan membuat Anda tetap fokus dan berenergi saat menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh pun tidak akan mudah lelah.

Jika tips-tips di atas tidak mampu meningkatkan stamina Anda, cobalah untuk berkonsultasi langsung dengan dokter ahli agar lesu berkepanjangan yang Anda alami segera tertangani dengan baik, dan tidak sampai menimbulkan masalah kesehatan lain pada tubuh Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar