Seberapa Penting Olahraga Untuk Anak-anak?

Seberapa Penting Olahraga Untuk Anak-anak?

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk anak-anak. Ajaklah anak untuk gemar berolahraga sejak dini agar nantinya dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik.

Seberapa Penting Olahraga Untuk Anak-anak?

Seberapa penting olahraga untuk anak-anak? Penting sekali, mari simak penjelasan berikut.

1. Menambah Kecerdasan
Berdasarkan sebuah penelitian, anak yang suka berolahraga akan lebih cerdas daripada yang tidak suka berolahraga. Karena olahraga dapat membantu melatih konsentrasi anak dan lebih pandai mengatur waktu secara efektif.
2. Lebih Sportif
Dalam suatu pertandingan hasil merupakan tujuan utama, yaitu kalah atau menang. Seberapa penting olahraga bagi anak dapat dilihat dari cara anak-anak dalam menghargai kalah dan menang dengan berbesar hati. Misalnya bersalaman dengan lawan setelah selesai pertandingan.
Seberapa penting olahraga dapat dilihat melalui hal-hal kecil semacam ini yang nantinya akan menjadi kebiasaan hingga dewasa.
3. Sebagai Tempat Sosialisasi
Olahraga juga dapat meningkatkan percaya diri dan memperluas pergaulan bagi anak-anak. Karena di dalam tim olahraga anak-anak diajarkan untuk menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota tim, agar terjalin kekompakan untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Dari sinilah nilai persahabatan serta kekompakan antar anggota akan tumbuh. Dan ini bisa menjadi sebuah jaringan sosial instan bagi anak-anak.
4. Meningkatkan Konsentrasi
Dalam pertandingan olahraga, biasanya yang menjadi target utama adalah piala atau kemenangan. Untuk mendapatkan piala tersebut, sudah pasti anak-anak harus melalui proses latihan dan berusaha agar menguasai teori dan praktik.
Dari sini, anak-anak diajarkan untuk menentukan rencana masa depan dan rencana jangka pendek dalam kehidupan mereka.
5. Terhindar Dari Tindak Kriminalitas
Kekosongan waktu pada sore hari setelah sepulang sekolah adalah waktu yang tepat untuk para orang tua mengajak anak-anaknya berolahraga, daripada waktu tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak jelas dan kurang bermanfaat. Selain itu juga merupakan upaya agar menghindarkan anak dari terjadinya pergaulan bebas.

Usia anak-anak adalah usia emas, dimana apa yang orang tua ajarkan akan tertanam dalam pikirannya dan menjadi kebiasaan saat menjalani kehidupannya di masa yang akan datang.

Jadi, pandai-pandailah sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus negeri ini, berilah contoh yang baik dalam bertindak sehari-hari. Jangan sampai anak-anak terpengaruh arus globalisasi sehingga menjadi acuh tak acuh terhadap dunia sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar