Kenali Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Kelelahan atau fatigue merupakan suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja atau beraktivitas lainnya. Hal ini biasanya disertai dengan perasaan letih dan lemah seperti setelah melakukan latihan fisik atau mental yang berat.

Kenali Penyebab Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami kondisi ini, bedanya ada yang sampai kelelahan akut dan ada pula yang hanya kelelahan ringan. Semua itu tetap harus diwaspadai agar tidak berakibat fatal. Untuk meminimalisir terjadinya kelelahan Anda harus kenali penyebab kelelahan dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dapat membantu.

1. Stres
Penyebab kelelahan yang paling banyak dialami orang adalah karena stres. Stres dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, stres karena belum juga memperoleh pekerjaan yang sesuai, dan masih banyak lagi penyebab stres.

Saat seseorang mengalami stres akan cepat sekali mengalami kelelahan, sebab biasanya stres ditimbulkan akibat banyaknya tekanan dan banyaknya pikiran yang mendorong otak Anda untuk terus berpikir tanpa kunjung usai atau tanpa adanya solusi.

Namun, kelelahan tidak hanya menyerang orang yang stres saja tetapi juga orang yang terlalu santai dapat mengalami kelelahan. Sebaiknya, lakukan aktivitas yang membuat Anda tidak terlalu santai dan juga tidak terlalu stres. Keseimbangan dalam pekerjaan dan istirahat merupakan solusi untuk mengurangi stres.

2. Gangguan Tidur
Anda harus kenali penyebab kelelahan yang berikutnya yaitu gangguan tidur. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa menggunakan ponsel atau gadget satu jam sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur, sedangkan menerima panggilan telepon pada saat jam tidur dapat mengurangi stamina pada saat bangun pagi.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyelesaikan segala urusan terutama yang berkaitan dengan ponsel satu jam sebelum tidur. Hindari membawa atau mendekatkan ponsel ke tempat tidur Anda.

3. Aktivitas Fisik yang Berlebihan
Aktivitas fisik yang berlebihan juga dapat menyebabkan kelelahan. Seringkali ketika pagi hari Anda bangun dari tidur badan terasa sangat pegal dan sakit ini menandakan bahwa anda kelelahan akibat aktivitas fisik. Bila anda menjalani aktivitas fisik yang lebih banyak, pastikan Anda mengonsumsi nutrisi yang cukup serta istirahat yang seimbang.

Kelelahan jangan sampai Anda anggap sepele karena dapat mengurangi kinerja Anda. Dan dalam jangka panjang dapat memperburuk kesehatan Anda, karena orang yang sering mengalami kelelahan rentan terhadap serangan penyakit. Demikian penjelasan mengenai penyebab kelelahan dan cara mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar