Sumber Vitamin A itu apa saja sih?

Apa Saja Sumber Vitamin A?


Vitamin A dikenal sebagai salah satu vitamin yang memiliki berbagai macam manfaat bagi sistem tubuh manusia. Kecukupan vitamin A sebagai sebuah suplemen tubuh sangat penting, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan. Urgensi dari vitamin A inilah yang membuat suplementasi vitamin A dosis tinggi perlu bagi balita berusia 6 – 59 bulan dan ibu yang sedang dalam masa nifas.

Sumber Vitamin A itu apa saja sih?

Secara umum, vitamin A telah dikenal luas kegunaannya bagi kesehatan mata. Hal ini dikarenakan fungsinya yang sangat baik untuk kerja metabolisme sel-sel di dalam retina mata. Kekurangan vitamin A sendiri dapat mengakibatkan rabun senja dan mata kering. Dalam beberapa kondisi yang parah, kekurangan ini juga dapat berujung pada kebutaan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak serta memfasilitasi proses tumbuh kembang sel-sel tubuh anak, terutama di bagian rambut, kuku dan kulit. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat sebagai antioksidan, yaitu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Di samping melalui penggunaan suplemen, manfaat vitamin A juga dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan sehari-hari. Untuk itu, persiapan berbagai makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan serta kegiatan sehari-hari anda.

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Pada makanan, vitamin ini memiliki beberapa bentuk, sebagai vitamin A murni ataupun provitamin A yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh (misalnya karotenoid).

Baca: Perlu Diperhatikan Sebelum Konsumsi Suplemen

Sumber utama vitamin A banyak berasal dari hati ayam, ikan serta susu dan produk turunannya. Sedangkan untuk karotenoid, provitamin A dapat ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada sayur-sayuran maupun buah-buahan yang berwarna hijau gelap, kuning, oranye, dan merah. Berikut akan disajikan daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi:

Sayur-sayuran: ubi, labu, wortel, kale, bayam, bokcoy, paprika merah, seledri dan selada.

Buah-buahan: aprikot, jeruk bali, mangga, melon, plum dan pepaya.
Susu dan keju.
Daging hati ayam, hati kalkun, hati sapi dan hati domba.
Ikan dan makanan laut: belut, tuna, hering, makerel, salmon serta minyak ikan kod.
Telur.

Dari daftar di atas, pastikan agar Anda melibatkan beberapa jenis makanan tersebut dalam menu harian anda, untuk menjamin kecukupan asupan vitamin A bagi keluarga (terutama balita anda).

Penutup

Namun, sebelum tulisan ini diakhiri ada informasi penting tentang suplemen alami yang mengandung vitamin A serta berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Ya benar, Refsoul Stamina Booster merupakan minuman penambah stamina, bisa membantu mendorong asupan multivitamin untuk kebugaran tubuh setelah beraktivitas.

Refsoul Liquid Stamina Booster juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk anak-anak (dosis disesuaikan). Info selengkapnya bisa hubungi kami melalui tomboh WhatsApp di atas. Atau bisa juga kirimkan komentar terbaik Anda. Referensi: Klikdokter.com dengan perubahan redaksional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar