Manfaat Anti Oksidan Bagi Tubuh

Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh


Mungkin kamu sudah gak asing lagi dengan istilah radikal bebas, bukan? Komponen ini ternyata bisa menyebabkan berbagai penyakit dan berada sangat dekat pada lingkungan sekitar kita. Radikal bebas adalah hasil sampingan dari proses pengolahan makanan menjadi energi. Selain itu radikal bebas juga terdapat pada sisa proses makanan, bahkan dari sinar matahari. Nah, tubuh manusia memiliki mekanisme pertahanan khusus untuk menangkal efek buruk radikal bebas, yakni antioksidan.

Manfaat AntiOksidan Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Anti-Oksidan
Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini.

Manfaat Antioksidan


Saat menyimpan sepotong apel di udara terbuka, setelah beberapa waktu Anda akan menemukan bahwa daging apel berubah menjadi coklat. Hal ini terjadi karena oksidasi. Jika Anda mengoleskan beberapa tetes air lemon, maka potongan apel tersebut akan tetap berwarna segar. Hal ini terjadi karena efek antioksidan yang terkandung dalam lemon. Antioksidan juga melakukan hal yang sama dalam melindungi sel-sel tubuh kita. Pada dasarnya, antioksidan berfungsi menghentikan proses oksidasi dengan menetralisir radikal bebas yang terbentuk selama oksidasi. Saat menetralkan radikal bebas, antioksidan pada akhirnya juga mengalami oksidasi. Untuk alasan inilah maka tubuh membutuhkan pasokan konstan antioksidan.

Sumber Antioksidan


Terdapat banyak sekali jenis anti oksedan yang bisa ditemukan dari sumber makanan nabati. Setiap anti-oksidan tersebut memiliki mekanismenya masing-masing. Beberapa diantara anti oksidan paling dikenal adalah vitamin E, vitamin C, selenium, dan beta karoten. Antioksidan tersebut juga lebih dikenal sebagai anti-aging atau agen anti oksidan pencegah penuaan dini pada kulit, karen kulit akan tampak lebih muda.

Tubuh perlu mendapatkan asupan antioksidan secara berkesinambungan. Selain dari sumber makanan, suplemen (multivitamin) juga dianggap bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan. Bicara tentang suplemen, ada satu suplemen mengandung antioksidan tinggi yang diformulasi khusus dari bahan-bahan alami, yakni REFSOUL Stamina Booster. Apa saja kegunaan dan manfaat Refsoul ini? Silakan klik di sini.

Demikian ulasan singkat tentang pentingnya mengetahui manfaat antioksidan bagi tubuh. Cukupi asupan vitamin agar tubuh selalu dalam keadaan sehat, segar, dan bugar. Dengan begitu kegiatan sehari-hari bisa kamu lalui tanpa ada kendala berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar