6 Jenis Madu Asli Indonesia Berkualitas Terbaik

6 Jenis Madu Asli Indonesia


ENERGI BOOSTER - Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. /wikipedia.
6 Jenis Madu Asli Indonesia Kualitas Terbaik
Jenis Madu Asli Indonesia, sumber: arah.com


1. Madu Kopi

Madu kopi berasal dari peternakan lebah pekerja yang memakan sari bunga di perkebunan kopi. Ciri khas madu kopi tak jauh dari aroma kopi pada umumnya, kombinasi aroma pahit sedikit manis.

Kandungan pada madu kopi diantaranya kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

2. Madu Pahit

Madu pelawan atau dikenal sebagai madu pahit yakni madu yang dihasilkan oleh lebah pemakan sari bunga pohon pelawan. Biasanya pohon ini terdapat di Bangka, Sumatera. Keunikan madu ini adalah dihasilkan dari pohon pelawan yang tidak terdapat didaerah lain.

3. Madu Kaliandra

Madu kaliandra merupakan jenis madu paling populer, dihasilkan dari pohon Kaliandra. Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan untuk tekanan darah rendah dan tinggi.

4. Madu Hutan Sumatera

Mengikuti kepopuleran madu kaliandra, madu hutan Sumatera juga tak kalah populernya di Indonesia. Kalau Anda sering melihat madu dijual di supermarket, nah itu sebagian besar adalah madu jenis ini. Saking populernya, madu hutan ini cukup dikenal dikalangan masyarakat.

5. Madu Tawon

Madu tawon termasuk salah satu jenis madu langka dan harganya terbilang cukup tinggi. Madu ini belum banyak diternakkan karena biasanya ada hanya di pegunungan. Proses pengambilannya yang sulit dan langka menjadikan madu ini harganya mahal.

Baca:
Refsoul Multivitamin 
Manfaat Madu untuk Kesehatan Wajib Kamu Tau

Tawon liar tersebut menghasilkan madu berwarna kehitaman. Madu ini sering digunakan untuk memasak, tambahan pada minuman, bahkan kosmetik pun sudah menggunakan bahan dasar madu tawon.

6. Madu Hutan Timor

Para wisatawan pendatang ke Nusa Tenggara Timur biasanya akan membawa madu hutan timor ini sebagai buah tangan. Selain madu dari Yunani dan Australia, madu hutan timor menempati urutan ke-3 berkualitas terbaik di dunia. Madu ini hanya terdapat di pedalaman hutan Timor.

Demikianlah ulasan singkat tentang jenis madu asli Indonesia yang bisa jadi referensi Anda ketika hendak memilih madu. Manfaat madu sangat banyak, terutama bagi kesehatan dan kecantikan kulit bahkan sebagai bahan tambahan makanan. Jadi, jangan salah memilih sebelum mengkomsumsi madu sesuai kebutuhan Anda sekeluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar